Sabtu, 06 Oktober 2012

tugas tambahan etika profesi minggu ke-1


1.      Sebutkan pengertian etika! (min 3)

Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku. Istilah lain yang identik dengan etika, yaitu: usila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). Dan yang kedua adalah Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak.

Selain itu terdapat beberapa pengertian etika, antara lain:
·         Kamus Umum Bahasa Indonesia (W.J.S Poerwadarminto, 2002)
Etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral)
·         Kamus Besar Bahasa Indonesia (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988)
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, tentang hak dan kewajiban moral, nilai-nilai dan norma-norma moralyang menjadi pegangan seseorangatau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
·         Prof. DR. Franz Magnis Suseno
Ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang member arah dan pijakan pada tindakan manusia
·         Drs. O.P. Simorangkir
Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
·         Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat
Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
·         Drs. H. Burhanudin Salam
Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.
·         K. Bertenes
Etika adalah nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang dalam mengatur tingkah lakunya
·         Rosita noer
Etika adalah ajaran (normatif) dan pengetahuan (positif) tentang yang baik dan yang buruk, menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

2.      Apa perbedaan egoisme dan hedoisme ?

·         Egoisme
Istilah "egoisme" berasal dari bahasa Yunani yakni ego yang berarti "Diri" atau "Saya", dan -isme, yang digunakan untuk menunjukkan filsafat. Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat.

·         Hedonisme
Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Dalam pengertian lain hedonise diartikan sebagai pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas.

v  Egoisme merupakan pandangan hidup seseorang hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan penderitaan orang lain asalkan keinginannya dapat terpenuhi. Sedangkan hedonisme merupakan pandangan hidup seseorang yang menganggap kesenangan dan kenikmatan bagi dirinya sendiri adalah tujuan utama. Menurut saya, sifat egois cenderung ada disetiap diri manusia, yang membedakan adalah kadar dalam dirinya sedangkam hedonisme timbul karena adanya faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi seperti lingkungan pergaulan.

Referensi :
http://duniabaca.com/pengertian-etika-dan-macam-macamnya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/etika-profesional-dalam-pendidikan-2/
http://www.anneahira.com/pengertian-etika.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Egoisme
http://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme
http://fadhlyashary.blogspot.com/2011/01/pengertian-hedonisme.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar