Selasa, 04 Januari 2011

Tugas 3 : ARTIKEL

Indonesia Memiliki Pantai Pasir Putih Terhalus Di Dunia!!



Pantai Ngurbloat,pantai dengan pasir putih paling halus di dunia atau lebih dikenal oleh penduduk kota Tual dengan Pantai Pasir Panjang, terletak di Desa Ngilngof di bagian barat Pulau Kei Kecil.

Pasir putihnya yang membentang sekitar 5 Km, ribuan pohon kelapa yang terhampar dipinggir pantai, air laut yang jernih membiru dan ombak yang tenang akan membuat anda betah berlama-lama ditempat ini. Kawasan ini masih sangat alami dan merupakan daerah wisata yang mudah di jangkau oleh penduduk di Pulau Kei ini.

Selain itu, warna pasir Pantai Ngurbloat ini putih cerah dan sangat lembut. Dalam kondisi mendung pun, pasir pantai tetap terlihat berkilau dan cukup menyilaukan mata. Pada saat kondisi panas terik, pasir pantai ini tidak ikut menjadi panas seperti pasir-pasir pantai pada umumnya. Kelembutan pasir yang ada di Pantai

Ngurbloat diyakini masyarakat hanya dapat ditandingi oleh kelembutan tepung. Kondisi itulah yang membedakan Ngurbloat dengan pantai lainnya.
Bagi wisatawan yang membawa anak balita, jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Butiran pasir pantai yang halus menjadikan kulit terasa nyaman saat bersentuhan dengannya.

Di kawasan itu juga orang bisa berenang. Lokasinya cukup aman dan luas karena Pantai Ngurbloat landai. Pulau–pulau kecil yang terletak berhadapan dengan pantai itu membuat ombak laut di pantai tersebut tidak terlalu besar dan arusnya pun tidak terlalu kuat.

Sejumlah kamar di beberapa penginapan di sekitar situ disediakan untuk wisatawan yang ingin bermalam di tepi pantai. Penginapan–penginapan tersebut umumnya berupa rumah panggung ala tropis yang terbuat dari kayu.

Pantai Ngurbloat yang terletak di pesisir barat Pulau Kei Kecil berjarak sekitar 20 kilometer dari Tual, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Daerah itu dapat dicapai dengan menggunakan mobil sewaan ataupun angkutan umum yang berpangkalan di Pasar Ohoijang, Langgur. Perjalanan dari Tual ke Pantai Ngurbloat ditempuh sekitar satu jam. Terdapat sejumlah perkampungan kecil yang letaknya terpencar–pencar di antara hamparan padang belukar.

Tanah di Pulau Kei Kecil yang berupa batu karang menyebabkan hanya tanaman jenis tertentu yang dapat tumbuh di sana. Jarang sekali ditemukan pohon–pohon besar dan rimbun.

Untuk ke Maluku Tenggara sendiri, wisatawan dapat menggunakan pesawat terbang ataupun kapal laut dari Ambon. Perjalanan dari Bandar Udara Pattimura, Ambon, menuju Bandar Udara Dumatubun di Langgur ditempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan pesawat berbadan kecil. Hampir setiap hari terdapat penerbangan dari Ambon menuju Langgur dengan maskapai yang berbeda–beda.

Bagi yang gemar menggunakan angkutan laut, perjalanan dapat dilakukan dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, menuju Pelabuhan Tual. Perjalanan ini berlangsung sekitar 18 jam dengan menggunakan kapal penumpang milik PT Pelni. Waktu tempuh tersebut termasuk singgah sekitar dua jam di Pelabuhan Banda Naira. Namun, perjalanan laut ini biasanya hanya satu kali dalam satu minggu.

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3296373


Pulau Moyo, Pulau Kecil Pemikat hati Lady Diana



Meskipun kecil, pulau yang sepi namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa ini, berhasil memikat beberapa orang "besar" sekaliber Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur. Pulau Moyo, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut.

Untuk mencapai Pulau Moyo sangatlah mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 km Utara Sumbawa Besar. Atau bila tidak ingin repot, Hotel Tambora dan Kencana Beach Hotel di Sumbawa Besar, bisa mengatur perjalanan menuju pulau ini. Ai Bari yang dalam bahasa Samawa berarti air asin, merupakan kampung nelayan yang miskin fasilitas, namun dari orang Samawa, Bajo dan Bugis yang menghuni daerah ini, sangat ramah.

Pulau Moyo Perjalanan dari Ai Bari ke Pulau Moyo dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit dengan speedboat, atau menggunakan kapal ketinting. Salah seorang nelayan yang selalu menyediakan transportasi ini adalah Pak Lahi yang sudah terbiasa menerima tamu asing, bahkan sering ditulis dalam berbagai buku panduan wisata!

Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0-648 m di atas permukaan laut. Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Dengan kondisi alam yang masih sangat alami, tidak disarankan memasuki pulau ini tanpa pemandu. Karena ada kemungkinan bisa tersesat. "Namun anehnya, setiap kali ada yang tersesat, pasti tetap menemukan jalan ke luar sendiri. Entah "digiring" oleh burung atau kupu-kupu," ujar Pak Maman, salah seorang pemandu di sini. Menurutnya lagi, "penghuni" (baca: makhluk halus) hutan di Pulau Moyo tidak suka mengganggu.

Bila berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan. Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Selain itu, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah trekking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau.

Pulau Moyo juga merupakan "surga" bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa Anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong. Burung yang terakhir, memang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Bila ingin snorkeling atau menyelam, kawasan sekitar pulau menawarkan berbagai keindahan bawah laut yang juga tak kalah menarik. Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan pula sponge (spon) dan crustacea. Seorang wisatawan Belanda yang kebetulan baru saja selesai snorkeling, membagi pengalamannya. "Tadi saat snorkeling saya lihat hiu kecil berenang di sekitar pantai Ai Manis. Dan di sekitar tempat itu, pemandangan karangnya sungguh indah. Saya juga lihat belut,” ujar Karsten, wisatawan tersebut.

Pulau Moyo juga menawarkan keindahan alam bawah laut. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Bila Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. Anda bisa menghubungi Laguna Biru Resort yang berada di pinggiran kota Sumbawa Besar. Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Perjalanan biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Selain jauh dari jangkauan wisatawan domestik, promosi tentang pulau Moyo masih sangat sedikit. Untuk berlibur ke sini, dibutuhkan ketersediaan waktu dan dana yang cukup lumayan. Namun, bila ada keinginan untuk melihat sebagian kecil keindahan negeri ini, Pulau Moyo adalah salah satu tempat yang patut dikunjungi. "Kalau kebetulan sedang beruntung, Anda bisa melihat sekelompok ikan terbang," ujar Pak Lahi sambil menunjuk sekelompok ikan terbang yang sedang melompat dari dalam air ke atas permukaan.

Sumber:
Majalah Tamasya
http://www.indonesiapariwisata.com/index.php/detil/index/1285207442/5


Cantik Dengan Bahan Alami



STROBERI
Buah berwarna merah ini mengandung asam salisilat yang bisa mengencangkan kulit wajah kita. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin B,C,E,dan K. buah ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Untuk penggunaannya, hancurkan buah stroberi yang sudah tidak berdaun, dan oleskan kira-kira dua sendok makan hancuran buah ini pada wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur sebanyak dua kali seminggu.

LEMON
Buah yang rasanya asam ini dapat mengurangi kandungan minyakpada wajah kita, dan dapat digunakan setiap hari. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh air perasan jeruk lemon pada putih telur yang sudah dikocok. Usapkan pada wajah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Bisa dilakukan setiap hari.

ALMOND
Kacang ini digunakan untuk menghaluskan kulit kitayang kasar, karena almond mengandung banyak mineral dan vitamin A dan B. Caranya, hancurkan ±50 gram almond yang sudah dikupas dengan food processor, lalu campurkan dengan tiga sendok makan susu full fat, buat menjadi pasta.oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering, lalu bersihkan dengan kapas dan air hangat. Lakukan seminggu sekali.

TOMAT
Buah ini mempunyai dua kegunaan, yaitu untuk menghaluskan dan melindungi kulit wajah kita dari sengatan matahari. Untuk menghaluskan wajah, potong tomat tipis-tipis, oleskan dagingnya pada wajahsampai merata, lalu bilas. Sedangkan untuk melindungi dari sengatan matahari, ambil daun tomat. Peras sedikit dan campurkan dengan air, lalu tempelkan pada wajah hingga kering, bisa digunakan setiap hari.

PISANG
Buah ini memiliki khasiat sebagai pelembab wajah karena mengandung serotonindan berbagai vitamin. Cara pemakaiannya adalah dengan menghancurkan daging pisang (sebaiknya pisang ambon yang sudah matang), campurkan dengan minyak zaitu dan oleskan pada wajah. Lakukan dengan teratur seminggu sekali.

Sumber:
Majalah GADIS Edisi Tahunan 2009


Buah dan Manfaatnya



PISANG
Selain kaya kalsium, pisang juga bisa menetralisir tubuh saat kita megkonsumsi MSG yang berlebih.

PEPAYA
Kaya akan antioksidan dan mengandung papain , yaitu enzim yang bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka.

SEMANGKA
Bermanfaat untuk merontokkan asam dalam tubuh yang kita perolah karena terlalu banyak mengkonsumsi daging, manis-manisan, gorengan, kopi, dan minuman ringan. Semangka juga bermanfaat memperbaiki kandungan darah.

BELIMBING
Makan belimbing atau minum jusnya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan.

KELAPA
Air kelapa memang sangat berkhasiat untuk mengatasi kegerahan kita. Kelapa juga bisa untuk mengatasi mulut kering, menurunkan demam, serta dapat membuang racun dalam darah. Tapi hati-hati, apabila air kelapa dikonsumsi secara berlebihan, tubuh kita bisa jadi lemas.

BELEWAH
Kalau kita suka grigi sampai mual, ada baiknya kita mengkonsumsi belewah. Karena gula alami dan enzim yang dikandungnya berfunfsi menyerap endapan-endapan yang terdapat di lambung. Endapan-endapan tersebut yang menyebabkan kita mual ketika grogi.

Sumber:
Majalah GADIS Edisi Tahunan 2009


69 Rahasia dan Fakta Tentang Tubuh Manusia

Tubuh manusia menyimpan berbagai misteri yang sangat luar biasa dan mengagumkan. Semua koordinasi sel dan organ membuat tubuh menjalankan fungsi yang sempurna. Berbagai kehebatan tersebut sebelumnya tidak pernah diduganya sebelumnya. Tubuh manusia ciptaan manusia itu mungkin saja masih menyimpan berbagai hal yang masih belum terungkap. Demikian pula ternyata kesehatan manusia juga masih banyak menyimpan rahasia dan fakta yang baru diketahui

1. Setiap hari anda, kecuali anda gundul, kehilangan 100 lembar rambut dan 36.000 tiap tahun.

2. Bersin anda meluncur dengan kecepatan lebih 100 mph.

3. Abu rata-rata manusia setelah dikremasi adalah seberat 9 pounds.

4. Tubuh manusia dapat berthana lama tanpa makan daripada tanpa tidur. Kelaparan akan menyebabkan kematian dalam beberapa minggu sedangkan tanpa tidur anda akan mati dalam waktu 10 hari.

5. Manusia rata-rata meminum air sebanyak 16.00 galon selama hidupnya.

6. Bayi lahir dengan 300 tulang tetapi ketika dewasa berkurang hingga 206 tulang saja.

7. Jantung anda berdetak sebanyak 37.000.000 dalam setahun, selama hidup dua atau setengah milyar kali.

8. Setiap inci kulit kita di huni koloni bakteri sebanyak 32 juta bakteri.

9. Organ dalam terbesar dalam tubuh kita adalah usus kecil dengan panjang 20 kaki lebih.

10. 85 % otak kita adalah air!.

11. 300 juta sel mati didalam tubuh kita setiap menit.

12. Organ terbesar manusia adalah kulit dengan panjang 25 kaki persegi.

13. kulit manusia mengelupas sebanyak 600.000 partikel perhari, 1,5 pound perhari. Dalam usia 70 tahun kehilangan 105 pon kulit.

14. Kulit manusia mengelupas dan tumbuh setiap 27 hari, hampir 1000 an kulit baru manusia tumbuh dalam seluruh hidupnya.

15. Membutuhkan 17 otot untuk tersenyum dan 43 untuk mengkerut.

16. Rata-rata lama hubungan seksual manusia adalah 2 menit.

17. Membunuh diri dengan cara menahan nafas tidaklah mungkin bagi kita.

18. Jantung manusia dapat menciptakan tekanan darah yang mencurat setinggi 30 kaki.

19. Anda berkedip hampir 84 juta kali dalam setahun.

20. Bila kita bersin semua organ kita berhenti bekerja sampai ke hati juga.

21. Sebanyak 40 orang tiap menitnya dikirimkan kerumah sakit akibat gigitan anjing.

22. bayi lahir tanpa tempurung kaki hingga umur 2-6 tahun.

23. Hidung di rambut anda rata-rata tumbuh 2 meter selama hidup anda.

24. Virus flu lebih mudah menyebar akibat berjabat tangan daripada berciuman.

25. Gigi manusia sbebenarnya mempunyai panjang 55 mil.

26. Perjalanan impuls ke otak mencapai kecepatan 170 mil per jam.

27. manusia da yang mempunyai kaki yang panjangnya beda.

28. 28. Pria ataupun wanita rata-rata berbicara sebanyak 31.500 kata per hari.

29. Kebanyakan debu di rumah anda terbuat dari kulit yang mati.

30. Diperkirakan 0,7% populasi dunia adalah seorang pemabuk.

31. Setiap jam satu miliar sel di daam tubuh harus diganti.

32. Mata manusia bisa membedakan 500 warna abu-abu.

33. Tulang paha manusia lebih kuat dari beton.

34. Hati manusia mampu menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah sejauh 30 kaki (9 m).

35. Mata kita selalu berukuran sama sejak lahir, tapi hidung dan telinga kita tidak pernah berhenti tumbuh.

36. Batuk rata-rata yang keluar dari mulut kita berkecepatan 60 mil (96,5 km) per jam.

37. Janggut adalah bulu yang tumbuhnya paling cepat pada manusia. Jika pria rata-rata tidak pernah memangkas janggutnya, makan hal ini akan membuatnya tumbuh hingga hampir 30 kaki dalam hidup.

38. Mata bayi tidak menghasilkan air mata sampai si bayi berumur sekitar enam atau delapan minggu.

39. Setiap orang memiliki bentuk lidah yang berbeda.

40. Bersin dapat melampaui kecepatan 100 m/jam.

41. Sel-sel mati dalam tubuh kita akhirnya dibawa ke ginjal untuk eksresi.

42. Senyum adalah ekspresi wajah yang paling sering digunakan. Senyum dapat dilakukan di mana saja dari 5 hingga 53 pasang otot wajah.

43. Satu dari 20 orang memiliki tulang rusuk lebih.

44. Orang-orang dengan kulit gelap tidak akan mengkerut secepat orang dengan kulit terang.

45. Darah manusia melalui perjalanan 60.000 (96.540 km) per hari pada perjalanan melalui tubuh.

46. Tubuh mampu memproduksi Aspirin sendiri
Makan buah dan sayur bisa membantu tubuh untuk menghasilkan obat penahan sakit sendiri. Penemuan Journal of Agriculture and Food Chemistry mengindikasikan bahwa partisipan yang mendapat asupan Benzoic Acid, salah satu zat alami yang terkandung dalam buah dan sayur, mampu memproduksi asam Salisil sendiri. Asam Salisil sendiri merupakan komponen penting penyusun aspirin yang berguna untuk mencegah peradangan dan mampu melepaskan rasa sakit.

47. Tidur siang saat kerja sebenarnya menguntungkan bagi para bos
20 menit tidur siang bisa meningkatkan kondisi waspada seseorang, meningkatkan mood, dan pasti produktivitas jadi membaik. William Anthony, salah satu penulis buku THE ART OF NAPPING AT WORK mengatakan bahwa tidur siang berdampak siaga hingga beberapa jam setelah bangun. Selain itu, jantung juga ikut mendapatkan keuntungan saat tidur siang. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun terhadap partisipan dewasa Yunani menemukan bahwa pria yang tidur siang setidaknya 3 kali seminggu memiliki risiko 37% serangan jantung yang lebih rendah

48. Setiap lidah manusia memiliki ‘cetakan’ yang berbeda
Sama seperti sidik jari, lidah manusia itu unik adanya. Bisa dijulurkan keluar, melindungi mulut dari tertelan benda tertentu, dan tak bisa ditiru cetakan struktur permukaannya. Tekstur Geometris yang ada di permukaan lidah berbeda pada setiap orang sehingga bisa juga dipakai untuk mengidentifikasi seseorang.

49. Kaki merupakan ‘pelabuhan’ organ-organ penting
Kulit di telapak tangan dan kaki memiliki ketebalan lebih kurang 4 mm dan kulit kaki merupakan kulit yang paling tebal dari seluruh kulit di tubuh manusia. Selain itu, ada banyak kelenjar dari berbagai organ penting yang berlabuh di kaki. Pantas saja ahli refleksi bisa tahu jenis penyakit yang diidap dari pijatan pada bagian kaki.

50. Usus buntu ternyata berguna juga
Diklaim sebagai organ yang tak memiliki fungsi apapun, sebenarnya usus buntu juga diciptakan untuk tujuan tertentu. Apa itu? ‘Hunian aman’ bagi bakteri menguntungkan yang dibutuhkan usus untuk membantu proses pencernaan. Saat seseorang menderita diare, isi perutnya biasanya terkuras keluar. Usus buntu inilah yang kemudian menjadi tempat bernaung bagi bakteri menguntungkan agar tidak ikut keluar dari tubuh.

51. Tubuh manusia lebih tinggi saat pagi hari Pada pagi hari tubuh manusia rata-rata lebih tinggi setengah inci daripada malam. Hal ini berkat kelebihan cairan dalam tubuh yang ada di antara tulang belakang, yang biasanya ‘terisi’ selagi kita tidur. Begitu hari lewat, saat tubuh beraktivitas, cairan di area tulang belakang ini pun merembes keluar sehingga tubuh jadi menyusut dan lebih pendek.

52. Tubuh manusia bersinar di dalam gelap Kondisi ini terungkap jika menggunakan kamera ultra sensitif. Tubuh ternyata mampu memancarkan sejumlah sinar kecil yang sayangnya terlalu lemah untuk dideteksi dengan mata biasa.

53. Perut memproduksi lapisan baru tiap 3 hari sekali
Mengapa? Untuk mencegah asam lambung memakan perut itu sendiri, bila seseorang sedang berpuasa atau tidak makan apapun.

54. 85% dari populasi dapat menekuk lidah mereka ke dalam sebuah tabung.

55. Dibutuhkan tujuh detik untuk makanan untuk pergi dari mulut ke lambung melalui kerongkongan.

56. Hati wanita berdetak lebih cepat daripada laki-laki.

57. Dalam satu hari, jantung kita berdenyut 100.000 kalori.

58. Rambut terbuat dari bahan yang sama seperti kuku.

59. Perut mengeluarkan asam korosif
Dalam perut manusia ada satu jenis cairan berbahaya yang terdapat di dalam lambung. Sel dalam perut dapat mensekresikan asam klorida, yaitu senyawa korosif yang juga digunakan untuk merawat logam dalam dunia industri. Asam ini sangat kuat, tetapi lapisan mukosa dinding lambung menjaga cairan beracun ini aman dalam sistem pencernaan.

60. Posisi tubuh mempengaruhi memori
Bila orang seketika lupa dengan tanggal-tanggal penting dalam hidupnya, mengubah posisi tubuh bisa membantu mengembalikan ingatannya tersebut. Misalnya dengan berjalan sejenak atau meniru posisi pada saat momen itu terjadi. Memori bisa bersimpan dalam indera. Selain posisi tubuh, bau dan suara juga dapat membangkitkan memori.

61. Pubertas membentuk ulang struktur otak
Perubahan hormon dalam tubuh dapat mendorong pertumbuhan dan tubuh siap untuk reproduksi. Hormon-hormon seperti testosteron sebenarnya mempengaruhi perkembangan neuron di otak, dan perubahan terhadap struktur otak memiliki konsekuensi terhadap banyak perilaku. Hal inilah yang membuat remaja selalu emosional dalam bertindak dan umumnya mengalami gangguan tidur.

62. Rambut hidung membantu keringkan lendir Kebanyakan sel seperti organel rambut yang disebut silia, membantu tubuh dengan berbagai fungsi, dari pencernaan hingga pendengaran. Di hidung, silia membantu mengeringkan lendir dari rongga hidung ke tenggorokan.

63. Tertawa itu menular
Sama halnya dengan menguap, melihat orang tertawa juga bisa menular. Mendengar tawa sebenarnya menstimulasi daerah otak yang terkait dengan gerakan wajah. Isyarat seperti bersin, tertawa, menangis dan menguap juga merupakan cara untuk menciptakan ikatan sosial yang kuat dalam suatu kelompok.

64. Kulit memiliki empat warna
Semua kulit bila tanpa warna akan tampak putih krem. Pembuluh darah di dekat permukaan kulit akan membuatnya tampak kemerahan. Kemudian, melanin sebagai respons terhadap sinar ultraviolet, akan membuat kulit tampak lebih hitam. Empat warna yang dicampur dalam proporsi yang berbeda, menciptakan warna kulit semua bangsa di bumi.

65. Fakta Panjangnya pembuluh darah. Darah memiliki jalur kerja yang panjang, karena ada sekitar 60.000 mil (96.540 km) pembuluh darah dalam tubuh manusia. Dan jantung bekerja keras untuk memompa sekitar 2.000 galon darah setiap harinya ke semua pembuluh darah.

66. Fakta Jumlah air liur. Mungkin tidak pernah terbayangkan untuk berenang di dalam air liur sendiri. Tapi hal ini mungkin saja, karena dalam seumur hidupnya seseorang menghasilkan air liur rata-rata 25.000 liter.

67. Fakta Kekuatan mendengkur. Seseorang .pasti akan terganggu jika tidur di sebelah orang yang mendengkur. Hal ini bisa dimaklumi, karena suara dengkuran bisa mencapai 60 desibel yang setara dengan suara normal orang berbicara. Bahkan ada yang mencapai 80 desibel yaitu setara dengan suara mesin bor.

68. Fakta Warna dan jumlah rambut. Warna rambut akan membantu menentukan seberapa banyak jumlah helai rambut. Warna rambut pirang memiliki 146.000 folikel (kantong kelenjar pada rambut), rambut hitam memiliki 110.000 folikel sedangkan rambut coklat memiliki 100.000 folikel. Setiap folikel menghasilkan 20 helai rambut.

69. Fakta tentang Berat kepala. Tidak heran jika seorang bayi sulit sekali mengangkat kepalanya, karena berat kepala saat baru lahir adalah seperempat dari total berat badan. Sedangkan saat dewasa, berat kepalanya hanya seperdelapan dari berat badan seseorang.

Sumber :
http://ahartawan.blogspot.com/2010_06_27_archive.html


MEMBIASAKAN DIRI MENABUNG

Oleh: Safir Senduk
Dikutip dari detikcom
"Saya ingin sekali menabung, tetapi sepertinya uang saya habis terus. Selain itu, anak-anak juga minta dibelikan sepatu, dan saya kan juga perlu beli ini, itu...…"
Kata-kata tersebut di atas mungkin akrab di telinga, atau mungkin Anda sendiri mengalaminya: Anda ingin sekali bisa menabung, tetapi dalam prakteknya, hal itu sulit dilakukan. Apakah Anda tergolong orang yang seperti itu? Anda selalu kehabisan uang di akhir bulan sehingga tidak bisa menabung?
Jangan kecil hati. Semua orang hampir pasti mengalaminya. Menabung, atau melakukan investasi secara rutin, seringkali dilakukan untuk berbagai macam tujuan. Dengan menyisihkan uang Anda secara rutin, maka uang yang terkumpul tersebut bisa sangat bermanfaat.
Seseorang yang memiliki penghasilan sebesar Rp 1 juta per bulan, misalnya, setelah setahun hanya memiliki saldo rekening Rp 200 ribu di rekeningnya. Setelah ditanya kenapa jumlah saldo rekeningnya cuma sebesar itu setelah bekerja setahun lamanya, ia mengatakan seringkali penghasilannya habis dipakai dalam sebulan sehingga ia tidak bisa menabung. Padahal, kalau ia mau menabung sebesar Rp 100 ribu saja setiap bulannya, maka pada akhir tahun ia sudah akan memiliki jumlah saldo rekening sebesar Rp 1,2 juta, plus bunganya!

Menabung Dulu, Baru Sisanya Dibelanjakan
Saya akan memberi satu cara buat Anda. Kalau selama ini Anda selalu berbelanja dulu dan tak sempat menabung, kenapa sekarang Anda tidak membalik proses itu? Ketika Anda mendapatkan gaji pada tanggal 25, misalnya, sisihkan dulu sebagian uangnya untuk menabung, baru kemudian sisanya dibelanjakan. Bila itu Anda lakukan secara rutin, maka setelah setahun, Anda sudah akan memiliki simpanan dalam jumlah besar.
Yah, mungkin saja uang yang bisa Anda belanjakan jadi berkurang. Tapi, itulah konsekuensinya: Anda perlu memiliki sejumlah dana sebagai cadangan untuk masa depan!
Sebagai contoh, penghasilan Anda adalah Rp 1 juta per bulan. Tadinya, Anda biasa membelanjakan Rp 1 juta tersebut sampai habis. Sekarang, dengan Anda menabung Rp 100 ribu per bulan di muka, maka total pengeluaran Anda cuma tinggal Rp 900 ribu saja pada bulan yang bersangkutan. Bila merasa itu tidak cukup, maka Anda harus melakukan satu di antara tiga pilihan dibawah ini:
1. Meningkatkan pendapatan Anda
Dalam contoh di atas, pendapatan Rp 1 juta ditingkatkan menjadi Rp 1,1 juta. Dengan Anda tetap menabung Rp 100 ribu, maka pengeluaran Anda bukan lagi Rp 900 ribu, tetapi kembali menjadi Rp 1 juta.

2. Menekan Pengeluaran Anda
Dalam contoh di atas, Anda bersedia untuk menekan pengeluaran Anda yang tadinya Rp 1 juta menjadi Rp 900 ribu.

3. Melakukan Keduanya
Dengan meningkatkan pendapatan dan menekan biaya hidup. Dalam contoh di atas, Anda bisa meningkatkan pendapatan Anda menjadi Rp 1,1 juta, dan menekan pengeluaran Anda menjadi Rp 900 ribu. Dengan demikian, Anda justru memiliki selisih yang lebih besar lagi untuk ditabungkan.

Semua berpulang pada Anda. Yang paling penting, biasakan diri untuk menabung. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menabung karena alasan selalu kehabisan, maka Anda bisa menabung di muka begitu Anda mendapatkan penghasilan. Ingat selalu: Anda perlu dana cadangan untuk masa-masa yang terduga kelak.

Ke mana Menabung?
Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai tempat menabung. Salah satu tempat menabung yang paling populer bagi orang Indonesia adalah tabungan di Bank.
Kelebihannya, dana dalam tabungan bisa diambil kapanpun Anda inginkan. Kelemahannya, pada saat ini, umumnya tabungan di Bank hanya memberikan bunga kecil.
Selain itu, Anda mungkin juga bisa menabung dengan membeli emas. Bila Anda menabung sebesar - katakan - Rp 200 ribu per bulan, Anda mungkin bisa membeli emas yang jumlahnya sesuai dengan nilai uang yang Anda tabungkan. Pada saat ini, banyak tersedia koin emas yang bisa dibeli dengan jumlah satu gram saja.
Sebagai alternatif, Anda bisa juga menabung ke dalam bentuk investasi seperti reksa dana. Reksa Dana adalah sebuah bentuk investasi di mana uang yang Anda tabungkan akan dikelola oleh sebuah tim manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam berbagai macam produk investasi. Untuk bisa berinvestasi dalam Reksa Dana, bisa dimulai dengan jumlah persyaratan dana minimal sebesar Rp 100 ribu.
Jadi, ada beberapa pilihan bila Anda hendak menabung. Baca salah satu triknya.

Sumber :
http://www.perencanakeuangan.com/files/BiasaMenabung.html


Kebiasaan-kebiasaan Unik di Dunia


• Polterabend
Polterabend adalah tradisi pra-wedding Jerman di mana teman dan keluarga datang bersama-sama menghadiri pesta informal yang diselenggarakan calon mempelai. Uniknya, para tamu bebas memecahkan piring, gelas, pot, ubin ataupun mengotori toilet sekotor-kotornya. Nah, kedua calon pengantin pun wajib membereskan segalanya. Hal ini bertujuan untuk melatih kerja-sama di antara keduanya dan membiasakan diri menghadapi kesulitan di masa depan.

• Monkey Buffet Festival
Monyet-monyetlah yang berpesta pora dalam festival ini. Lebih dari 3.000 kg buah dan sayuran yang ditawarkan kepada populasi monyet provinsi Lopburi di Bangkok.

• Gurning
“Gurn” adalah sebuah ekspresi wajah terdistorsi. Tradisi pedesaan Inggris ini telah dirayakan sejak 1267. Sementara tradisi ini terdengar konyol, juara dunia gurning empat kali, Petrus Jackman, menganggapnya sangat serius. Ia telah mencopot giginya pada tahun 2000 agar bisa membuat manuver wajahnya dengan lebih mudah.

• Camel Wrestling
Di Turki, gulat unta merupakan peristiwa populer dimana penonton menyaksikan dua unta laki-laki saling bergulat. Namun demikian, luka serius jarang dialami unta-unta pegulat. Dan penonton harus waspada karena unta yang gelisah seringkali menyemprotkan air liur sembarangan.

• Blackening the Bridge
Untuk mempersiapkan pernikahan mereka, pengantin-pengantin Skotlandia harus melalui ritual prewedding yang sangat busuk. Teman-teman si pengantin wanita memberi kejutan. Mereka menutupi tubuh si pengantin wanita itu dengan telur, susu, bulu, semua benda yang menjijikkan. Tubuh pengantin yang menghitam kemudian diarak keliling kota. Tujuan adat ini adalah untuk mempersiapkan mental pengantin jika kelak setelah menikah tejadi masalah.

• Day of the Geese
Day of the Geese atau Antzar Eguna, adalah tradisi Spanyol di mana angsa gemuk digantung di atas air dan laki-laki muda akan melompat dari perahu, berusaha menangkap kepala angsa. Kompetisi ini berfungsi sebagai cara bagi laki-laki muda untuk membuktikan kekuatan mereka dan kelayakan untuk mendapatkan perempuan [menikah]. Meskipun tradisi ini pernah dipraktekkan di seluruh Spanyol dengan angsa hidup, tapi sekarang–selama festival Antolin San di Lekeitio–hanya menggunakan angsa mati untuk menenangkan aktivis hewan.

• Caganers
Orang-orang Catalonia, Spanyol, memiliki tradisi Natal yang lucu. Mereka menyembunyikan patung kecil berbentuk orang buang air besar yang kemudian akan dicari oleh teman dan keluarga mereka. Patung ini disebut “caganers”, yang berarti “payah”. Tradisi ini telah ada sejak abad ke-17.

• Food Binding
Gadis-gadis muda Cina harus menjalani proses yang menyakitkan demi mengecilkan kaki. Anak-anak perempuan yang berumur antara tiga hingga empat belas tahun mesti mengingat kaki mereka dengan dengan perban guna mencegah kaki mereka agar tidak tumbuh terlalu besar. Tradisi ini baru berakhir ketika kaum komunis mengambil alih kekuasaan Cina.

• Finger Cutting
Tradisi menyakitkan ini berlaku dalam masyarakat Suku Dani. Menurut tradisi ini, ketika ada seorang anggota keluarga yang meninggal, saudara perempuannya harus memotong salah satu jari mereka. Praktek ini dilakukan untuk memuaskan roh leluhur. Tapi, tradisi ini sudah jarang dipraktekkan lagi.

• Bathroom Ban
Kebiasaan ini dijalankan masyarakat Tidong, Kalimantan Utara, di mana untuk 3 hari dan 3 malam kedua pengantin dilarang menggunakan kamar mandi. Itu berarti mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar dan tidak mandi. Selain itu, pengantin baru dilarang makan-minum dalam jumlah yang banyak. Masyarakat Tidong percaya bahwa kebiasaan ini akan membuat pernikahan menjadi awet, langgeng, bahagia dan makmur.
• Baby Tossing

Keluarga-keluarga yang tinggal di Sholapur, India, mengikuti tradisi ini. Mereka membawa bayinya ke teras menara setinggi 50 kaki dan melemparkannya. Orang-orang di bawah menra harus menangkap bayi itu dengan aman. Kata mereka, hal itu akan menjamin kesehatan dan keselamatan si bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar